Rabu, 04 Maret 2020


5 Cemilan Sehat dan Enak yang Bisa di Makan Saat Sedang Diet

Saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan, terkadang kita merasa lapar dan otomatis kita akan mencari makanan untuk mengurangi rasa lapar. Namun, kita juga sering takut program penurunan diet kita gagal karena kita tidak bisa mengkontrol asupan makan kita. Akan tetapi, diet bukan berarti kita tidak makan sama sekali dan mengurangi porsi makan kita secara drastis. Jika kita merasa lapar, kita bisa makan tanpa perlu takut makanan yang kita makan dapat menggagalkan program diet kita. Kita dapat mengkonsumsi makanan ringan yang aman dan sehat saat melakukan diet. Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Kedua jenis makanan tersebut sudah wajib dimakan bagi orang yang melakukan program diet, karena di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran terdapat nutrisi yang sangat baik buat tubuh. Selain dua jenis makanan tersebut, ada nih cemilan sehat dan enak yang bisa dinikmati saat diet ketika kelaparan melanda. Apa saja?

1 .        Oatmeal dan blueberry




Kita biasanya memakan oatmeal saat sarapan, tetapi oatmeal tidak hanya bisa di makan saat sarapan. Oatmeal bisa di makan seperti kapan saja. Oatmeal kaya akan serat dan memakan oatmeal juga dapat membantu kadar gula darah Anda.  Sedangkan, blueberry dapat menambah rasa manis tanpa tambahan gula lagi. Kandungan vitamin C dalam blueberry juga baik untuk menjaga imunitas saat dalam masa diet. Manfaat buah blueberry lainnya yang enggak kalah menarik adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan polyphenol  yang ada dalam buah blueberry berkhasiat menurunkan lemak berlebih di sekitar perut dan mengurangi masalah metabolisme tubuh. Blueberry juga rendah kalori dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk mengontrol gula darah. 



     2.            Cokelat Hitam





Cokelat hitam bisa menjadi makanan yang bisa di makan saat sedang diet. Cokelat hitam mengandung lemak tak jenuh tungal yang baik dalam pembakaran lemak di perut sehingga membuat Anda lebih cepat kenyang. Cokelat hitam memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya adalah mampu memperlancar aliran darah sehingga dapat terhindar dari penyumbatan dan pembekuan darah, sehingga bisa menyehatkan jantung. Makan cokelat hitam dapat mengurangi kebiasaan kita mengemil yang berlemak, asin, maupun manis. Dengan memakan cokelat hitam, kita tidak perlu takut lagi dengan gagalnya program diet kita karena mengemil.


     3.       Pisang dan Selai Kacang





Kombinasi buah pisang dan selai kacang bisa menjadi salah satu pilihan menu camilan di tengah malam yang mengenyangkan. Sumber karbohidrat dari pisang mampu meningkatkan energi Anda, sementara kandungan protein dari selai kacang bisa menjaga energi tetap awet selama beberapa jam ke depan. Tapi ingat, selalu pilih selai kacang yang bebas gula, ya. Anda bisa mengoleskan satu sendok makan selai kacang ke pisang. Menurut penelitian 2013 British Journal of Nutrition yang dikutip oleh situs Health, camilan untuk diet ini manjur menahan nafsu makan sepanjang siang hari. Ambil satu buah pisang potong jadi dua bagian lalu beri tambahan toping selai kacang. Anda juga bisa menambahkan buah seperti berry atau anggur sebagai topping tambahan.

4.        Greek Yogurt dengan Tambahan Raspberry





Ketika membaca kata ‘yogurt’ yang ada di pikiran Anda adalah kombinasi asam manis di lidah dengan rasa segar yang mengalir ke tenggorokan. Ya, camilan manis, creamy, berisi ini memang terasa memanjakan lidah. Anda tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi yogurt. Kombinasi serat, lemak sehat, dan protein dapat mengatasi rasa lapar Anda setiap jam 3 sore. Percaya atau tidak, menurut penelitian Journal of the American College of Nutrition, yang dikutip situs Health, kandungan vitamin C pada blueberry dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh Anda. Sajikan greek yogurt dengan segelas raspberry atau buah favorit Anda, dan tambahkan setengah sendok makan madu.




   5.          Granola



Granola adalah makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan tambahan dengan minyak, madu atau pemanis lainnya. Setiap granola memilki kandungan yang terdiri dari gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak. Granola terdiri darj oat dan kacang-kacangan, yang mengandung serat tinggi. Serat tinggi memberikan manfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Granola dapat disajikan dengan berbagai cara, mulai dari disajikan sebagai sereal yang dicampur susu, atau dimasukkan dalam kue, seperti muffin atau resep kue lainnya. Kamu juga bisa membuat granola sendiri dengan komposisi oat, kacang-kacangan, serta tambahan dengan buah-buahan kering dan sedikit madu sebagai sumber gulanya.


Nah, itulah 5 cemilan sehat dan enak yang cocok di makan saat kamu sedang diet. Ingat ya, diet bukan berarti kita menahan lapar, kita tetap harus makan loh. Mulai sekarang, kamu tidak perlu takut lagi diet kamu gagal walaupun kamu ngemil. Agar dietmu berhasil, jangan lupa juga diimbangi dengan olahraga secara teratur.


Referensi:
https://doktersehat.com/makan-oatmeal-setiap-hari/
https://www.alodokter.com/makanan-sehat-untuk-diet-yang-lezat-dan-bergizi
https://www.honestdocs.id/32-makanan-pembakar-lemak-yang-terbukti-efektif
https://journal.sociolla.com/lifestyle/camilan-sehat-di-malam-hari



0 komentar:

Posting Komentar